Sabtu, 18 Februari 2012

Materi sosialisasi UKA Sertifikasi Guru 2012




POKOK – POKOK  MATERI SOSIALISASI
UJI KOMPETENSI AWAL (UKA) SERTIFIKASI GURU DALAM JABATAN
TAHUN  2012


I.          Tujuan ;
a.     Tujuan Sosialisasi Pelaksanaan UKA di Kab/Kota, sebagai berikut :
1.     Memberikan informasi kepada para peserta sertifikasi guru tahun 2012 tentang pelaksanaan uji kompetensi awal sertifikasi guru dalam jabatan tahun 2012
2.     Memberikan informasi kepada masyarakat luas sebagai bagian dalam memenuhi akuntabilitas pelaksanaan uji kompetensi awal sertifikasi guru
b.     Tujuan Pelaksanaan UKA adalah meningkatkan dan memastikan kesiapan guru dalam mengikuti pendidikan dan latihan profesi guru (PLPG
II.         Sasaran/ Peserta UKA ;
Peserta UKA adalah peserta sertifikasi guru kuota tahun 2012 yang ditetapkan atas dasar Aplikasi Penetapan Peserta Sertifikasi Guru (AP2SG) per tanggal 31 Januari 2012. Untuk Jawa Tengah tercatat  36.444 peserta
III.       Kelengkapan Peserta ;
Kelengkapan UKA yang harus disediakan sendiri oleh peserta UKA adalah :
·         Pensil 2B.
·         Karet penghapus.
·         Alas tulis (bila dimungkinkan tidak ada meja).
·         Format A1 atau kartu peserta UKA
·         Identitas diri yang sah (KTP/SIM/Paspor), atau tanda pengenal lain yang terdapat foto
IV.       Materi UKA ;
      Kompetensi Guru yang diukur meliputi kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional (sesuai dengan mata pelajaran perserta uji kompetensi).
      Soal UKA terdiri dari : 30% kompetensi pedagogik dan 70% kompetensi profesional.
      Waktu yang dibutuhkan untuk mengerjakan soal ujian adalah 120 menit.
      Bentuk soal adalah obyektif tes pilihan ganda  dengan 4 opsi pilihan jawaban
      Jumlah paket soal disiapkan 2 (dua) terdiri dari paket A dan B untuk masing-masing mapel.
      Proporsi tingkat kesukaran soal dibuat seimbang drngan perbandingan 25% mudah, 50% sedang, dan 25% sukar.
      Kisi-kisi soal UKA  merujuk pada : (1) Permendiknas Nomor 16 tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru: (2) Permendiknas Nomor 27 Tahun 2008 tentang Standar Kaulifikasi Akademik dan Kompetensi Konselor, dan (3) Permendiknas Nomor 32 Tahun 2008 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru Pendidikan Khusus, untuk  kompetensi pedagogik dan kompetensi  profesional
      Kisi-kisi soal yang dilengkapi indikator kompetensi yang diukur dapat dilihat (download), silahkan klik website : www. sergur.kemdiknas.go.id atau www. lpmpjateng.go.id



V.        Jadwal Pelaksanaan UKA ;
Uji kompetensi awal (UKA) Utama dilaksanakan pada  hari Sabtu tanggal 25 Februari 2012 secara serentak di seluruh Indonesia dengan jadwal kegiatan pelaksanaan UKA berikut :
No
WIB
Kegiatan
1.
07.00 
Pengecekan kehadiran pengawas ruang oleh Korlok
2.
07.00- 07.30
Penjelasan teknis kepada pengawas ruang oleh Korlok
3.
07.30
Pengawas ruang memasuki ruang ujian
4.
07.35
Peserta memasuki ruang ujian dan menunjukkan identitas diri
5.
07.40
Pembacaan tata tertib peserta oleh pengawas ruang
6.
07.45- 08.00
Pembagian soal dan LJK, dan pengisian identitas peserta
7.
08.00- 10.00
Pelaksanaan ujian
8.
10.00- 10.15
·      Pengumpulan LJK dan penarikan soal
·      Pengawas mengecek album,
·      Mengecek kelengkapan soal, dan
·      mengurutkan LJK
9.
10.15
Peserta meninggalkan ruang ujian
Bagi peserta UKA yang berhalangan hadir pada tanggal 25 Februari 2012, karena alasan yang jelas dan dapat dipertanggungjawabkan dapat mengikuti UKA Susulan di LPMP Jawa Tengah pada hari Rabu tanggal 29 Februari 2012

VI.       Tata Tertib bagi Peserta UKA;
1.         Peserta memasuki ruang ujian setelah tanda masuk dibunyikan, yakni 25 (dua puluh lima) menit sebelum UKA dimulai.
2.         Pada saat memasuki ruang ujian, peserta menunjukkan Format A1 dan kartu identitas diri (KTP/SIM/Paspor) yang sah dan masih berlaku kepada pengawas ruang.
3.         Peserta meletakkan kartu identitas diri di atas meja ujian untuk memudahkan pemeriksaan oleh pengawas ruang.
4.         Peserta yang terlambat hadir hanya diperkenankan mengikuti setelah mendapat izin dari pengawas ruang, tanpa diberi perpanjangan waktu.
5.         Peserta dilarang membawa alat komunikasi elektronik, tas, buku, dan catatan dalam bentuk apapun ke meja ujian.
6.         Peserta membawa alat tulis berupa pensil 2B, karet penghapus, dan penggaris.
7.         Peserta mengisi daftar hadir dengan menggunakan ballpoint yang disediakan oleh pengawas ruang.
8.         Peserta mengisi identitas diri pada LJK. Peserta yang memerlukan penjelasan cara pengisian identitas pada LJK dapat bertanya kepada pengawas ruang dengan cara mengacungkan tangan terlebih dahulu.
9.         Peserta mulai mengerjakan soal setelah ada tanda waktu mulai UKA”.
10.      Sebelum mulai mengerjakan soal, peserta terlebih dahulu mengecek kelengkapan soal. Peserta yang memperoleh naskah soal yang cacat atau rusak, tetap melakukan pengerjaan soal sambil menunggu penggantian naskah soal.
11.      Selama UKA berlangsung, peserta hanya dapat meninggalkan ruangan dengan izin dari pengawas ruang, serta tidak melakukannya berulang kali.
12.      Peserta yang meninggalkan ruangan setelah membaca soal dan tidak kembali lagi sampai tanda selesai dibunyikan, dinyatakan telah selesai menempuh/mengikuti UKA.
13.      Peserta yang telah selesai mengerjakan soal sebelum waktu berakhir tidak diperbolehkan meninggalkan ruang ujian sebelum berakhirnya waktu ujian dan dipersilakan oleh pengawas ruang.
14.      Peserta berhenti mengerjakan soal setelah ada tanda berakhirnya waktu UKA.
15.      Selama UKA berlangsung, peserta dilarang :
a.     menanyakan jawaban soal kepada siapa pun;
b.     bekerjasama dengan peserta lain;
c.     memberi atau menerima bantuan dalam menjawab soal;
d.     memperlihatkan pekerjaan sendiri kepada peserta lain atau melihat pekerjaan peserta lain;
e.     membawa naskah soal dan LJK keluar dari ruang ujian;
f.      menggantikan atau digantikan oleh orang lain.

VII.     Sanksi ;
a.     Untuk peserta;
Peserta yang melanggar tata tertib diberi peringatan oleh pengawas ruang. Apabila peserta telah diberi peringatan dan tidak mengindahkan peringatan tersebut, maka pengawas ruang mencatat dan mengusulkan peserta tersebut untuk dinyatakan gagal ujian dan dibuatkan Berita Acara.
b.     Untuk Pengawas Ruang;
Pengawas ruang yang melanggar tata tertib atau ketentuan panduan dibebas­tugas­kan dari pengawas ruang dan diganti oleh yang lain.
c.              Semua bentuk kecurangan dan pelanggaran terhadap tata tertib ujian yang berpotensi terjadinya kebocoran soal dan jawaban ujian dikategorikan sebagai pembocoran rahasia negara dan akan diberi sanksi sesuai hukum yang berlaku.
VIII.    Pengawasan Pelaksanaan UKA;
Setiap ruang pelaksanaan UKA diawasi oleh 1 (satu) orang pengawas yang ditugasi oleh Panitia UKA Kab/Kota
Dalam pelaksanaan UKA, dipantau dan dievaluasi oleh oleh LPTK sebagai penanggung jawab kendali mutu UKA pada setiap kabupaten/kota yang ada di wilayah rayon LPTK tersebut.
Tim pemantau UKA terdiri atas unsur sebagai berikut.
a.     Tim Pemantau tingkat pusat dari BPSDMP & PMP dan KSG.
b.     Tim Pemantau tingkat provinsi dari LPMP, LPTK dan Organisasi Profesi

IX.       Pemeriksaan, pengolahan dan Pengumuman Hasil UKA;
1.     LJK hasil UKA dikirim ke Badan PSDM&PMP langsung pada hari itu seusai pelaksanaan UKA (25 Feb. 2012)
2.      LJK hasil UKA diperiksa dan diolah secara komputerisasi oleh Puspendik yang ditugasi oleh Badan PSDM&PMP
3.     Badan PSDM dan PMP memvalidasi dan mengirim hasil analisis UKA yang dilakukan Puspendik kepada dinas pendidikan kabupaten/kota.
4.     Dinas pendidikan kab./kota mengumumkan hasil UKA kepada para guru peserta UKA

X.        Latihan Pengisian LJK bagi Peserta UKA;
(lihat contoh format LJK terlampir)

----====selamat mengikuti UKA dan sukses=====--------

Bila anda ingin melihat dalam bentuk powerpoint dapat anda unduh disini



Tidak ada komentar:

Entri Populer